Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aturan Yang Harus Dipatuthi Penumpang di Dalam Pesawat

Kalian suka melakukan perjalanan, namun bagaimana menjaga perjalanan agar tetap aman dan nyaman, perlu diketahui agar perjalanan berjalan seperti apa yang kita harapkan jaga dan patuhi aturan sebagai penumpang di dalam pesawat. Sebab, jika tidak mematuhi aturan tersebut, pasti kalian akan mendapatkan masalah sehingga menyebabkan perjalanan menjadi terganggu.

Setiap mode transportasi pasti memiliki aturan dan peraturan yang harus dipatuhi dan terbilang hampir mirip satu dengan yang lainnya. Contohnya, menjaga kebersihan, tidak berkata kasar, menjaga privasi penumpang lain dan sebagainya. Itu merupakan aturan dasar yang memang harus dilakukan di mana pun kalian berada. Namun, khusus untuk artikel ini, Futuready.com akan menjelaskan mengenai aturan penumpang di dalam pesawat yang harus dipatuhi.
Aturan Yang Harus Dipatuthi Penumpang di Dalam Pesawat
Aturan Yang Harus Dipatuthi Penumpang di Dalam Pesawat

Aturan Yang Harus Dipatuthi Penumpang di Dalam Pesawat

Membahas aturan penumpang di dalam pesawat, mungkin lebih mengarah kepada sikap dan prilaku terhadap awak kabin, fasilitas di dalam pesawat, hingga penumpang lainnya. Aturan di sini bukan hanya prilaku, tetapi juga gaya bicara dan bahasa yang harus lebih diperhatikan lagi. Jangan sampai kalian melakukan hal tidak berguna yang dapat merugikan diri sendiri, meskipun itu hanya sekadar berncada. Oleh karena itu, agar perjalanan kalian menggunakan pesawat tetap aman dan terhidar dari masalah apa pun, pastikan kalian mematuhi semua aturan penumpang di dalam pesawat. Nah, untuk kalian yang masih bingung apa saja aturan yang harus dipatuhi, berikut ini ulasan selengkapnya.

Ada beberapa sikap dan aturan yang harus kalian terapkan diantaranya :

  1. Harus bersikap sopan
  2. Menghormati privasi orang lain
  3. Menjaga Kebersihan
  4. Mengntrol barang-barang bawaan
Nah, seperti keempat sikap tersebut simak selengkapnya,


Harus Bersikap Sopan

Masih saja ada penumpang yang nakal dengan menggoda atau berprilaku genit kepada pramugari. Sudah dipastikan perilaku tersebut bukan termasuk aturan penumpang di dalam pesawat yang harus dipetahui. Meskipun seorang pramugari bekerja untuk melayani penumpang, bukan berarti kalian bisa bersikap semaunya. Bersikaplah sopan selayaknya kalian lakukan kepada orang lain. Jika memang kalian membutuhkan sesuatu di dalam pesawat, berbicara dan bersikap yang normal tanpa ada unsur dan maksud terselubung.

Bersikap sopan ini juga harus kalian terapkan kepada penumpang lainnya. Pasalnya, penumpang lain pun memiliki hak yang sama seperti kalian. Jaga prilaku dan jangan melakukan hal-hal aneh yang bisa mengganggu kenyamanan orang lain. Bahkan jika perlu, kalian bisa menegurnya sekadar salam sapa sebagai  kalian bahwa kalian menghormati dan menghargainya.

Menghormati Privasi Orang Lain

Sama halnya dengan kalian, setiap orang memiliki privasinya masing-masing. Meskipun jarak antar bangku yang begitu sempit, tetapi kalian harus tetap bisa menjaga privasi penumpang lain yang ada di sebelah kalian. Contohnya, tidak nyalakan lagu dengan volume yang cukup keras, tidak berisik selama penerbangan, dan juga harus menjaga posisi tidur sehingga tidak mengganggu orang lain. Meskipun terlihat sepele, tetapi sikap dan prilaku ini harus dilakukan agar perjalanan pun menjadi nyaman.

Menjaga Kebersihan

Sebenarnya, aturan yang satu ini sudah tidak perlu diingatkan lagi. Pasalnya, setiap orang harus sudah memiliki kesadaran tersendiri untuk tetap menjaga kebersihan. Meskipun kalian tidak dilarang membawa makanan dari luar (asalkan sesuai prosedur), tetapi tetap saja sampah-sampah makanan tersebut harus dirapikan dan dibuang di tempat yang benar. Jangan pernah kalian membuang sampah di kursi atau di lantai. Tunggulah sampai ada kru kabin yang berkeliling membawa plastik besar untuk menampung sampah-sampah tersebut.

Mengontrol  Barang Bawaan

Setiap penumpang memang memiliki hak untuk membawa barang dan diletakkan di dalam kabin. Tetapi, satu hal yang perlu diingat bahwa bagasi kabin itu bukan hanya miliki kalian saja tetapi milik semua penumpang pesawat tersebut. Oleh karena itu, sebelum berangkat pastikan barang yang kalian bawa tidak melebihi kapasitas sehingga tidak mengambil seluruh tempat bagasi yang harusnya diisi oleh penumpang lain. Selain itu, ada aturan yang memang sudah ditetapkan oleh seluruh maskapai penerbangan mengenai jumlah berat barang yang boleh dibawa masuk ke dalam kabin pesawat. Agar kalian tidak mendapatkan masalah, pastikan aturan penumpang di dalam pesawat yang satu ini sangat dipatuhi.

Kenyamanan dan keamanan perjalanan kalian, buang orang lain yang menentukan, tetapi kalian sendiri. Maka buat diri sendiri merasa nyaman dan aman dalam perjalanan.