Peristiwa atau Kejadian Yang Biasa di Tanggung Kerugiannya Oleh Perusahaan Asuransi
Peristiwa yang tidak menyenangkan bisa kapan saja terjadi
ketika saat perjalanan, walaupun terkadang dalam situasi yang mendesak dan
penting. Manusiakita juga tidak dapat menerka kapan peristiwa tidak menyenangkan
terjadinya, peristiwa tersebut musibah, kecelakaan, kesialan, atau kematian. Namun,
ada baiknya kita menyiapkan segalanya lebih dini, melindungi diri sendiri serta
orang-orang tercinta melalui berbagai
produk asuransi merupakan salah satu pilihan yang tepat. Di antara beragam
produk asuransi yang ada, salah satu jenis yang sering dilupakan adalah Travel
Insurance alias asuransi perjalanan. Pada kesempatan kali ini blog asuransi
perjalan akan membahas tentang peristiwa apa saja yang ditanggung atas segala
kerugian yang kita alami saat sedang bepergian, apabila terdaftar dalam
asuransi perjalanan.
Kita harus jeli dan lihai dalam memilih dan membeli
asuransi, terutama asuransi perjalanan, segala kerugian yang kita alami akibat
berbagai masalah tak terduga saat melakukan perjalanan, seperti berikut ini
yang biasanya dapat kita claim
Peristiwa atau Kejadian Yang Biasa di Tanggung Kerugiannya Oleh Perusahaan Asuransi |
Peristiwa atau Kejadian Yang Biasa di Tanggung Kerugiannya Oleh Perusahaan Asuransi
1. Pembatalan tiket perjalanan
Menjadi hal yang sangat menjengkelkantidak menyenangkan
apabila terjadi pembatalan perjalanan
padahal kita sedang diburu waktu dan
harus menghadiri suatu acara penting. Bukan hanya rugi waktu, namun kita juga
akan mengalami kerugian waktu dan kesempatan.
Tidak bisa dibayangkan, perjanjian bisnis dengan klien
penting yang tidak bisa ditunda bisa berantakan hanya gara-gara penerbangan
yang seharusnya mengantar kita ke tempat tujuan tiba-tiba dibatalkan. Selain
itu, imej perusahaan di depan klien pun tentu jadi memburuk. Apabila peristiwa
tersebut dan kita memiliki asuransi yang mau mengganti kerugian
akibat pembatalan perjalanan tersebut, maka ada sejumlah ganti rugi yang bisa
didapatkan. Kodisi ini sering disebut dengan Trip Cancellation Insurance,
nantinya coverage ini akan didasarkan pada beberapa klaim dari pihak penyedia
jasa antara lain terjadinya pemogokan massal, cuaca buruk dan berbahaya
sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan, kerusakan mesin,
kerusakan area yang dituju, tempat ‘landing’ yang akan dikunjungi ditutup, atau
melewati daerah sengketa dan perang.
Sedangkan alasan pembatalan dari pihak pemilik polis yang
dapat diklaim antara lain orang yang bersangkutan mendadak sakit parah, meninggal
dunia, harus berurusan dengan hukum, atau tertimpa musibah seperti banjir dan kebakaran.
Pada umumnya, hasil klaim yang akan diterima oleh pemegang
polis berupa penggantian tiket, namun ada kalanya juga berupa uang apabila ada
kesepakatan dari kedua belah pihak. Perlu diingat pula bahwa setiap produk
asuransi yang meng-cover pembatalan perjalanan ini memiliki batas waktu yang
berbeda-beda. Ada yang hanya berdurasi beberapa jam saja sampai akhirnya klaim
keluar, ada pula yang mengharuskan pemiliki polis menunggu sampai hitungan
hari.
2. Kerusakan atau kehilangnya barang pribadi dalam bagasi
Tidak semua perusahaan asuransi yang mau mengganti kerugian
terhadap rusak atau hilangnya barang yang disimpan dalam bagasi. Dan akan
menjadi satu hal yang sangat mengecewakan apabila kita mengalami hal tersebut,
bukan? Maka dari itu, pastikan kita
memilih asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kondisi semacam ini atau
biasa disebut sebagai Baggage Insurance.
Hal ini akan melindungi kita dari risiko kerugian yang diakibatkan oleh
kehilangan, kerusakan, atau hancurnya barang bawaan baik ketika sedang dalam
perjalanan darat, laut, maupun udara.
3. Kerusaknya barang yang dikirimkan melalui kapal laut
Ada pula jenis asuransi yang masuk dalam lingkup asuransi
perjalanan yang dinamakan Marine Insurance. Asuransi jenis ini akan melindungi
semua barang yang dikirimkan atau berada dalam kapal laut, kargo, dan
sejenisnya.
4. Kehilangan data
atau dokumen penting
Ada pula Loss Documents Insurance yang melindungi kita dari
kerugian akibat kehilangan dokumen penting dalam perjalanan. Dengan asuransi
ini, kita tak perlu mengeluarkan biaya lebih saat kehilangan dokumen-dokumen penting
seperti surat berharga, data perusahaan, sampai dengan passport atau juga ID
Card.
Klaim perlindungan terhadap dokumen ini dapat dilakukan
apabila terjadinya kerusakan, kehilangan, atau bencana alam dan segala sesuatu
di luar kemauan pemilik polis. Untuk melakukan klaim, kita harus memiliki bukti
yang kuat sebagai penunjangnya dan bagi perusahaan asuransi yang memiliki
produk tersebut maksimal akan memberikan ganti rugi sampai dengan 60 hari ke
depan.
5. Masalah kesehatan
yang memburuk
Tidak ada yang dapat memprediksi kapan seseorang akan sakit.
Tentunya akan sangat merepotkan apabila kita sedang berada dalam perjalanan
tiba-tiba harus melakukan pengobatan ataupun tindakan medis lainnya.
Oleh karena itu, dibutuhkannya asuransi yang dapat
memberikan perlindungan ketika sakit terjadi secara tiba-tiba. Mayoritas
perusahaan asuransi yang memiliki produk perlindungan kesehatan dalam
perjalananan akan memberikan perawatan dan evakuasi medis termasuk penggantian
biaya kesehatan dan rinciannya kepada pemilik polis. Dan perlindungan asuransi
ini berlaku di semua negara atau tempat.
6. Pemulangan jenazah
Ketika pemilik polis mengalami suatu hal tak terduga yang
menyebabkan kematian saat berada di kota atau negara lain, maka perusahaan asuransi
akan memberikan coverage dengan mengurus pemulangan jenazah serta biayanya.
Sangat penting memilih asuransi perjalanan yang tepat,
gunakan fasilitas online untuk mendapatkan informasi penting dan perbandingan
antara perusahaan asuransi