Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Manfaat dan Istilah dalam Asuransi Perjalanan

Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang asuransi perjalanan khususnya beberapa hal yang ada dibawah ini :

  1. Apa Itu Asuransi Perjalanan?  
  2. Mengapa Wajib Memiliki Asuransi Perjalanan?  
  3. Apa Saja Perusahaan Penyedia Asuransi Perjalanan Terbaik di Indonesia?  
  4. Apa Saja Manfaat Asuransi Perjalanan?  
  5. Apa Saja Jenis Asuransi Perjalanan?  
  6. Apa Itu Asuransi Perjalanan Keluarga dan Apakah Harganya Lebih Murah?  
  7. Apa Itu Visa Schengen dan Asuransi Perjalanan Visa Schengen?  
  8. Apa Saja Pengecualian Asuransi Perjalanan?  
  9. Bagaimana Cara Mengajukan Asuransi Perjalanan?  
  10. Apakah Asuransi Perjalanan Bisa Dibeli Ketika Saya Berada di Luar Negeri?
  11. Tips Memilih Asuransi Perjalanan?  
  12. Istilah-istilah dalam Asuransi Perjalanan

Apa Itu Asuransi Perjalanan?  

Apabila memiliki bisnis atau sering melakukan bisnis di dalam ataupun diluar negeri, juga sering melakukan perjalanan wisata dalam dan luar negeri paling tidak harus memiliki Asuransi Perjalanan. Mungkin diantara kalian masih awam tentang apa itu asuransi perjalanan tentang asuransi perjalanan berikut kami sajikan secara lengkap Pengertian, Manfaat dan Istilah dalam Asuransi Perjalanan. Asuransi Perjalanan adalah sebuah jenis asuransi yang diperuntukkan untuk memberikan perlindungan selama bepergian. Asuransi perjalanan memang tidak masuk kedalam jenis asuransi yang wajib dimiliki. Asuransi ini diutamakan untuk kalian yang memang suka melakukan perjalanan baik keluar kota sampai keluar negeri dan fungsinya yang hanya melindungi ketika akan melakukan perjalanan saja.

Berbagai  produk asuransi perjalanan sekarang cukup populer dikalangan masyarakat dan sifatnya yang lebih fleksibel dibandingkan jenis asuransi lain membuat banyak masyarakat juga ikut memiliki produk asuransi perjalanan. Terutama yang hobi traveling dan yang pekerjaannya memang mewajibkan rutin melakukan perjalanan ke beberapa tempat. Berlibur memang merupakan kegiatan yang digemari setiap orang, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki jadwal kegiatan yang padat sehari-harinya. Bagi orang-orang sibuk, waktu berlibur haruslah digunakan secara eksklusif dan berkualitas. Beberapa orang memilih wisata ke luar negeri untuk mengisi waktu libur mereka.

Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan liburan, biasanya kita akan mempersiapkan beberapa persiapan penting seperti izin cuti, booking tiket pesawat dan tempat penginapan, cek kesiapan paspor dan visa, serta mendaftar asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan digunakan untuk keperluan darurat apabila saat perjalanan keluar negeri tersebut, terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada diri sendiri. Asuransi ini sifatnya amat penting untuk diperhatikan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri supaya perjalanan kita lebih menyenangkan serta tidak merasa khawatir atas hal-hal yang diluar perkiraan kita.
Pengertian, Manfaat dan Istilah dalam Asuransi Perjalanan
Pengertian, Manfaat dan Istilah dalam Asuransi Perjalanan

Mengapa Wajib Memiliki Asuransi Perjalanan?  

Pada saat ini ada banyak negara yang mewajibkan kepada para wisatawan  untuk memiliki asuransi perjalanan, dan tidak diperbolehkan masuk di negara tersebut apabila terbukti tidak terdaftar sebagai pengguna asuransi perjalanan.  Hal ini sudah berlaku di negara  Amerika Eropa dan bahkan Asia yang sudah memberlakukan aturan wajib memiliki asuransi perjalanan ini ketika akan mengunjungi negaranya.

Sebenarnya ini juga demi kepentingan wisatawan tersebut apabila meningin perjalanan dapat  nyaman, lancar dan terlindungi maka terdaftar menjadi permilik asuransi perjalanan tentu sangat disarankan.

Apa Saja Perusahaan Penyedia Asuransi Perjalanan Terbaik di Indonesia? 
Berikut ini beberapa asuransi perjalanan yang mungkin bisa menjadi alternatif pilihan di negara indonesia, dan bagi kalian yang ingin berpergian keluar negeri dimanapun itu :

  1. Asuransi Perjalanan ACA.
  2. Asuransi Perjalanan AXA.
  3. Asuransi Perjalanan Zurich.
  4. Asuransi Perjalanan AIG.
  5. Asuransi Perjalanan Chubb.
  6. Asuransi Perjalanan Simasnet.
  7. Asuransi Perjalanan Travellin Adira.

Apa Saja Manfaat Asuransi Perjalanan?  

Asuransi perjalanan sangat banyak sekali manfaatnya teruma bagi kalian yang memiliki bisnis diluar dan dalam negeri, ataupun kalian yang memiliki hobi traveler,  untuk melindungi diri dari risiko selama perjalanan dan menghilangkan rasa khawatir pada saat berlibur terhadap terjadinya risiko yang tidak terduga. Secara umum manfaat asuransi perjalanan adalah melindungi traveler terhadap hal-hal berikut ini.
Perlindungan Diri dari Risiko Kecelakaan:
Perlindungan ini meliputi penggantian uang jika terjadi risiko terhadap kematian, kehilangan anggota badan, atau kelumpuhan total akibat kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan.
Perlindungan Ganda untuk Kecelakaan dalam Pesawat Terbang Komersil Terjadwal:
Santunan untuk kecelakaan pribadi akan digandakan jika kecelakaan terjadi pada saat berada di dalam pesawat terbang komersil terjadwal.
Penggantian Biaya Pengobatan Darurat:
Jika kita sakit selama perjalanan, asuransi perjalanan menawarkan manfaat pengobatan darurat.
Pemulangan Jenazah Jika Terjadi Risiko Kematian:
Asuransi bisa melindungi tertanggung untuk dua alternatif perlindungan meliputi: biaya pemulangan jenazah atau biaya kremasi atau penguburan di lokasi tempat kematian terjadi.
Perawatan Anak dan Kunjungan Duka Pada Satu Orang Kerabat atau Keluarga
Asuransi bisa memberikan penggantian biaya kunjungan duka atau selama perawatan yang diberikan pada satu orang kerabat atau keluarga, jika tertanggung menjalani perawatan selama perjalanan atau selama dirawat di luar negeri.
Evakuasi Medis:
Asuransi perjalanan menawarkan fasilitas bantuan 24 jam keadaan darurat di seluruh dunia.
Perlindungan Bagasi dan Barang Pribadi: Jika terjadi kerugian yang ditimbulkan akibat kehilangan dan kerusakan bagasi kita, termasuk barang-barang di dalamnya maupun barang yang kita pakai selama perjalanan, maka asuransi perjalanan akan memberi ganti rugi jika ada keterlambatan bagasi lebih dari 12 jam.
Terkait Perjalanan:
Jika kita  ikut program asuransi perjalanan, salah satu manfaat yang ditawarkan adalah perlindungan terhadap penundaan perjalanan (biasanya keterlambatan transportasi lebih dari 12 jam), penggantian uang muka yang hangus akibat hal-hal yang di luar kekuasaan pemegang polis dan biaya akomodasi.
Perlindungan Rumah: Jika terjadi musibah misalnya kebakaran di rumah kita , selama bepergian, maka asuransi perjalanan akan membayar kerusakan akibat kebakaran atas isi rumah tertanggung yang ditinggal kosong karena perjalanan yang dilakukan.
Sumber : cermati.com

Apa Saja Jenis Asuransi Perjalanan?  

Bagi kalian yang belum atau sama sekali tida tahu tentang asuransi perjalan, "Asuransi perjalanan" memiliki banyak jenis dimana masing-masing fungsinya berbeda-beda dan tentunya sudah banyak disesuaikan dengan kebutuhan dengan orang-orang yang sering melakukan perjalanan.

Berdasarkan Berapa Banyak Melakukan Perjalanan: 
Ada dua jenis asuransi perjalanan jika dilihat dari berapa banyaknya perjalanan yang akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu yaitu single trip insurance yang diperuntukan untuk kita  yang hanya akan melakukan perjalanan beberapa kali dalam setahun (tidak rutin). Berikutnya ada annual travel insurance yang dikhususkan untuk kita yang bisa melakukan perjalanan bahkan sekali dalam seminggu baik untuk tujuan perjalanan dinas atau sekedar berlibur selama periode 1 tahun.

Berdasarkan Jumlah Orang yang Akan Ditanggung: 
Untuk jenis asuransi perjalanan ini ditentukan berdasarkan berapa banyak orang yang akan ditanggung dalam satu akun asuransi. Individual travel insurance tentu hanya untuk satu orang saja dalam satu akun pribadi asuransi perjalanan. Lalu ada group travel insurance yang biasanya digunakan oleh sebuah perusahaan untuk para karyawannya yang sering diberangkatkan untuk perjalanan dinas, dan bisa juga untuk sekaligus seluruh anggota keluarga ketika akan melakukan liburan bersama.
Berdasarkan Tujuan Melakukan Perjalanan: 
Dalam melakukan sebuah perjalanan tentu tujuan orang tidak lah selalu sama. Asuransi perjalanan wisata bagi yang melakukan perjalanan karena tujuan untuk traveling atau berwisata dan asuransi perjalanan bisnis yang dikhususkan untuk mereka yang melakukan perjalanan untuk tujuan bekerja atau bisnis.
Berdasarkan Tempat Tujuan Perjalanan:
 Untuk kita yang sering melakukan perjalanan tapi hanya sampai keluar kota saja bisa memilih untuk memiliki asuransi perjalanan untuk perjalanan domestik dan bagi yang sering melakukan perjalanan bahkan sampai keluar negeri bisa memilih asuransi perjalalanan untuk perjalanan internasional.
Student Assist: 
Asuransi perjalanan ini dikhususkan hanya untuk para mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikannya keluar negeri.
Asuransi Perjalanan Khusus (Haji dan Umrah): Asuransi yang sering ditawarkan kepada kalian ketika akan melakukan ibadah Haji dan Umrah termasuk dalam asuransi perjalanan yang akan melindungi kitaselama melakukan ibadah di tanah suci.

Apa Itu Asuransi Perjalanan Keluarga dan Apakah Harganya Lebih Murah?  
Asuransi perjalanan keluarga jika dilihat dari jenis termasuk dari group travel insurance. Asuransi perjalanan jenis ini akan melindungi perjalanan kita dan Keluarga baik untuk perjalanan domestik atau internasional. Sama seperti asuransi perjalanan lainnya, asuransi perjalanan untuk keluarga ini juga menanggung biaya medis jika terjadi kecelakaan ketika melakukan perjalanan, kompensasi ketika perjalanan dibatalkan diluar kuasa, uang pengganti untuk barang yang hilang dan uang kematian.
Keuntungan lain membeli asuransi perjalanan sekaligus untuk keluarga adalah harganya lebih murah karena Kita  hanya perlu membeli 1 polis asuransi tapi bisa melindungi seluruh anggota keluarga yang akan terlibat dalam perjalanan. Asuransi perjalanan untuk keluarga dapat dibeli oleh 2 orang dewasa dengan usia lebih dari 18 tahun atau untuk satu keluarga sekaligus yaitu terdiri ayah, ibu dan anak (maksimal anak yang dimiliki 3).

Apa Saja Pengecualian Asuransi Perjalanan?  
Berikut ini hal yang perlu diketahui dan dicermati ketika memilih asuransi perjalanan. Ikut program asuransi saat ini relatif gampang, apalagi dengan makin banyaknya broker asuransi secara online, namun demikian pemahaman terhadap manfaat asuransi yang seringkali belum begitu bagus. Jasa asuransi, sebagus apapun tentu saja memiliki pengecualian klaim asuransi pada suatu keadaan tertentu.  Misalnya saja, jika kita mengalami kecelakaan yang mengharuskan untuk dirawat di rumah sakit setempat,  mungkin merasa tenang karena  memiliki asuransi perjalanan, tetapi karena keadaan tertentu klaim asuransi tidak diterima oleh rumah sakit yang menangani kita.

Jangan langsung menyalahkan perusahaan asuransi atau rumah sakit, karena bisa saja penyebabnya adalah keadaan saat kita  mengalami kecelakaan tersebut di luar cakupan polis asuransi. Beberapa hal umum yang menjadi pengecualian asuransi perjalanan akan dibahas berikut ini:
Musibah kecelakaan atau sakit yang dialami seseorang yang masuk dalam pengaruh alkohol dan obat-obatan. Mabuk dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang memang termasuk dalam kategori sesuatu yang ilegal di beberapa Negara. Terlebih lagi jika kita mabuk sambil mengendarai kendaraan atau melakukan hal yang berbahaya jika dilakukan dalam keadaan tidak sadar. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas saat kita  mengemudi dalam keadaan mabuk, kebanyakan rumah sakit tidak akan menerima klaim asuransi. Pasalnya hal seperti ini dianggap sebagai kesalahan pribadi, jadi berpikirlah lagi jika kita ingin minum-minum hingga mabuk.
Melakukan kecelakaan yang disengaja. Disengaja di sini maksudnya adalah jika kita sengaja membuat diri kita celaka untuk memperoleh uang asuransi perjalanan. Meski hal seperti ini jarang terjadi, tetapi sebaiknya tetap menjadi perhatian kita dan jangan sekali-kali mencobanya.
Kondisi force majeure juga tidak akan membuat klaim asuransi kita cair. Force majeure adalah kondisi di luar kemampuan kita misalnya kita terjebak dalam suatu huru-hara atau kerusuhan yang terjadi di Negara yang kita datangi. Ada satu contoh yang bisa diambil, misalnya kita sedang berlibur ke Thailand dan terjebak dalam kerusuhan kaus merah. Apabila kita  terluka dalam insiden tersebut, kita tidak akan mendapatkan klaim asuransi meski kita berada dalam situasi tersebut secara tidak sengaja. Untuk itu, sebisa mungkin jauhi berlibur ke daerah konflik dan jangan terlibat di segala bentuk kerusuhan yang terjadi di suatu Negara.
Apabila kita sakit sebelum perjalanan dan kita nekat dengan mengabaikan saran dokter, maka asuransi kita juga tidak akan bisa cair. Alasannya jelas, mengabaikan anjuran dokter.
Selanjutnya adalah hamil dan keguguran. Meskipun kita  mengalami keguguran di Negara tujuan,  tetap tidak akan mendapat klaim asuransi karena dari awal melakukan perjalanan jauh saat sedang hamil memang sudah merupakan risiko besar. Pelajari dulu syarat-syarat dalam asuransi perjalanan agar kita tetap terlindungi selama perjalanan ke luar negeri.
Jika kita terlibat dalam olahraga profesional, misalnya balap mobil, sebaiknya kita mencari asuransi tersendiri jika kita ingin terlindungi ketika mengikuti olahraga professional saat di luar negeri. Terlibat dalam event olahraga dan dibayar ketika sedang berjalan-jalan adalah pengecualian untuk asuransi perjalanan.

Bagaimana Cara Mengajukan Asuransi Perjalanan? 
Dibandingkan asuransi lainnya, mendaftar asuransi perjalanan lebih mudah dan cepat. Saat ini telah banyak perusahaan asuransi yang menyediakan layanan mendaftar asuransi perjalanan melalui internet. Jadi, kita tidak perlu repot-repot lagi mengunjungi kantor asuransi bahkan sampai mencari-cari agent asuransi. Langkahnya cukup mudah seperti ini:

  1. Kunjungi website perusahaan asuransi yang kita pilih
  2. Isi data diri secara lengkap
  3. Pilih tempat tujuan perjalanan (domestik atau internasional)
  4. Pilih tujuan dari perjalanan (wisata atau bisnis)
  5. Pilih lamanya perjalanan (sekali perjalanan atau perjalanan rutin)
  6. Lalu tinggal memilih jenis asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget
  7. Pilih metode pembayaran yang diinginkan (via transfer atau via kartu kredit)

Apakah Asuransi Perjalanan Bisa Dibeli Ketika Saya Berada di Luar Negeri?

Perlu kalian ketahui, Asuransi perjalanan tidak bisa dibeli ketika telah berada di luar negeri. Karena sebelum melakukan perjalanan, kita harus terlebih dahulu terdaftar sebagai pengguna asuransi perjalanan.

Tips Memilih Asuransi Perjalanan? 

Pengetahuan tentang asuransi perjalanan mutlak diperlukan, sebelum memilih produk asuransi perjalanan, setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan seperti uraian berikut ini:

Paham Besarnya Perlindungan yang Diberikan oleh Asuransi Perjalanan: Sebagai nasabah asuransi perjalanan, harus meneliti secara detil hal apa saja yang ditanggung. Seringkali terjadi kondisi tumpang tindih alias dobel proteksi dari beberapa asuransi yang miliki, sedangkan tertanggungnya sama. Jangan sampai membeli premi asuransi yang sama dengan premi yang sudah dimiliki.  Kami ambil contoh,  cukup membeli asuransi perjalanan yang menanggung kehilangan barang karena sudah memiliki asuransi jiwa sebelumnya daripada membeli 2 produk dengan proteksi yang sama.

Pahami Waktu Perlindungan Asuransi Perjalanan
Idealnya kita  harus memilih asuransi perjalanan sesuai dengan lamanya waktu melakukan perjalanan mengingat Asuransi perjalanan biasanya hanya akan menanggung risiko saat melakukan perjalanan. Jangan sampai   rugi kelebihan membayar premi akibat sudah pulang perjalanan tapi premi yang   bayarkan ternyata untuk masa asuransi melebihi masa perjalanan.

Luas Perlindungan: Wisata dengan risiko tinggi biasanya tidak bisa diproteksi asuransi perjalanan. Misalnya saja olahraga ekstrem, wisata alam liar, atau ke tempat yang dianggap berbahaya seperti ke daerah konflik. Untuk aktivitas ekstrem biasanya perusahaan asuransi akan menetapkan premi tambahan di luar premi asuransi perjalanan pada umumnya.

Kondisi Kesehatan Tertanggung:
Pahami bahwa setiap tertanggung punya riwayat sakit dan pada umumnya perusahaan asuransi tidak menanggung kondisi kesehatan yang telah ada sebelumnya. Sebaiknya  jujur, walau sekilas nampak menguntungkan menyembunyikan kondisi kesehatan yang sudah dialami sebelumnya, saat terjadi klaim, bisa saja  ditolak.

Perusahaan asuransi biasanya akan meminta rincian riwayat kesehatan yang justru mengakibatkan klaim ditolak, jika ketahuan  berbohong. Untuk menghindari hal ini maka sangat dianjurkan untuk mengungkapkan semua rincian kesehatan pada tahap awal dengan sebenarnya sehingga kasus klaim ditolak tidak  alami.

Istilah-istilah dalam Asuransi Perjalanan

Act of God: 
Kerugian yang disebabkan oleh peristiwa bencana alam.
Comprehensive: Asuransi mobil Comprehensive dapat diartikan asuransi ‘segala risiko’. Artinya, pihak asuransi akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan.
ERA (Emergency Road Assistance): 
Pelayanan yang ditanggung dalam polis asuransi untuk mendatangkan montir ke tempat dimana pengemudi terjebak saat kendaraan mengalami kerusakan.
Harga Pasar: Harga kendaraan hasil penjualan apabila dijual di pasar bebas yang diperoleh dari tertanggung dengan merek, tipe, lokasi, dan tahun pembelian yang sama sebelum terjadi resiko kehilangan atau kerusakan.
Kendaraan Bermotor: 
Semua jenis, tipe , atau merek kendaraan berikut segala sesuatunya (perlengkapan, onderdil, dsb) yang ada maupun yang akan dimiliki di kemudian hari dan merupakan objek perjanjuan pembiayaan konsumen.
Masa Tenggang:
 Periode waktu setelah tanggal jatuh tempo premi dimana premi masih dapat dibayar tanpa dikenai bunga dan polis masih dapat dipertanggungjawabkan.
Masa Tunggu: 
Periode dimana setelah polis diterbitkan dimana pada periode ini polis asuransi tidak menanggung biaya kesehatan tertanggung sampai jangka waktu tertentu selain biaya.
Personal Accident: 
 Kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotor yang menyebabkan kematian atau keadaan cacat tetap kepada pengemudi atau penumpangnya. Penggantian atau ganti rugi akan dibayarkan sesuai dengan spesifikasi kendaraan yang ditentukan dalam polis asuransi.
Proposal: 
Kumpulan informasi yang diberikan oleh perusahaan asuransi mengenai manfaat polis yang akan diberikan ke calon nasabah. Proposal ini biasanya ditawarkan untuk memeberikan informasi produk yang akan diberikan seperti besarnya premi dan syarat-syarat pertanggungannya.
Polis:
Polis adalah sebuah perjanjian yang mengikat dan disetujui oleh pihak perusahaan asuransi dan pemegang polis secara tertulis.
Premi: 
Uang yang harus dibayarakan pada jangka waktu tertentu sebagai kewajiban dari pemegang polis asuransi. Besarnya premi yang dibayarkan ditetapkan oleh kebijakan dan persetujuan dari pihak perusahaan asuransi sesuai dengan kondisi dari tertanggung.
Penanggung:
Seseorang yang secara sah tercantum dalam polis asuransi untuk melakukan pembayaran premi atas polis yang tersebut.
Resiko Sendiri (Deductible):
Nilai beban dari pihak tertanggung dalam tiap kerugian atau kerusakan yang dihitung berdasarkan jumlah ganti rugi.
Tertanggung:
Seseorang yang tercantum secara sah tercantum dalam polis asuransi untuk menerima manfaat dari polis tersebut.
Uang Pertanggungan: 
Harga beli sebuah kendaraan saat dimulainya masa pertanggungan dan tercatat dalam polis asuransi yang bersangkutan yang merupakan batas maksimum tanggung jawab dari penanggung dalam perjanjijan asuransi.