Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asuransi Perjalanan

Siapa yang menduga, situasi menyenangkan berubah menjadi tidak menyenangkan dalam waktu singkat dan tanpa ada perencanaan. Jadwal liburan yang telah disusun dengan cermat terkadang bisa berubah dengan waktu yang singkat dan tidak sesuai dengan jadwal. Perjalanan bisnis yang telah disusun sesuai jadwal harus di undur bahkan ditunda untuk beberapa waktu.  Peristiwa yang tidak menyenangkan tersebut bisa saya menghampiri Anda, peristiwa yang tidak menyenangkan tersebut seperti :keterlambatan pesawat, kehilangan bagasi, tersesat, kecopetan yang mengakibatkan dokumen-dokumen pribadi yang penting dan uang Anda hilang, atau bahkan semua rencana jalan-jalan Anda terancam gagal total akibat gangguan kesehatan dan peristiwa kecelakaan yang tidak bisa diduga.

Pasti semua hal tersebut tidak ingin terjadi pada diri Anda, sebelum semuanya benar-benar terjadi pada Anda atau Anda terhindar dari persoalan tersebut di atas, pertimbangkan keuntungan dan manfaat memiliki asuransi perjalanan. 

Apakah Asuransi Perjalanan?

Pengertiannya Asuransi perjalanan merupakan  asuransi dengan polis berjangka waktu pendek yang hanya berlaku selama waktu  perjalanan dan biasanya melindungi antara beberapa hari hingga enam bulan.

Pada waktu Anda sedang dalam perjalanan, kapan pun dan di manapun di seluruh dunia. Untuk menghindari hal-hal tak terduga yang dapat terjadi dan dapat menimbulkan kerugian finansial yang berarti, ada hal yang sebaiknya diri Anda bisa lakukan yaitu dengan memiliki asuransi perjalanan.
asuransi perjalanan
asuransi perjalanan

Apaka Anda masih bingung?

Tenang, ada banya sekali infomasi yang akan saya bagikan keada untuk Anda mengenai asuransi perjalanan. Langkah pertama, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin memiliki asuransi perjalanan.  Sebelum membeli atau menjadi aggota produk asuransi perjalanan sebaiknya Anda mengetahui secara detail berbagai info apa saja yang termasuk dalam perlindungan asuransi perjalanan dan mana yang tidak termasuk dalam perlindungan asuransi perjalanan.

Pertimbangan produk asuransi lain dan cari perbandingan harga dan fasilitas premi asuransi perjalanan dari setiap produk perusahaan asuransi yang ada, sehingga Anda dapat memperoleh manfaat dari persahaan asuransi yang maksimal dengan membayar premi asuransi perjalanan dengan harga yang murah dan terpenuhi kemanan perjalanan Anda.

Produk asuransi perjalanan, biasanya terdapat beberapa  jenis wisata atau perjalanan yang memiliki resiko tinggi yang biasanya tidak ditanggung perusahaan asuransi. Maka, Anda membutuhkan asuransi perjalanan tambahan yang memberikan manfaat lebih maksimal serta dapat memberikan kemanan perjalanan yang berisiko tinggi tersebut.

Pilih produk dari  perusahaan atau broker asuransi yang menyediakan produk asuransi perjalanan yang tepat dan bisa memberikan klaim asuransi dengan mudah. Ada banyak sekali kemudah pada jaman sekarang,  membeli asuransi perjalanan tak lagi harus melalui agen yang biasanya membuat Anda merasa dikejar-kejar, atau melakukannya dengan sistem yang rumit. Kini tersedia pembelian asuransi perjalanan yang bisa Anda dapatkan secara online.

Saat mengklaim produk asuransi, ada beberapa perihal yang perlu Anda perhatikan seperti persyaratan dan dokumen pendukung klaim. Contoh peristiwa yang sering terjadi dalam perjalanan, adalah apabila  Anda kehilangan barang akibat tindak kriminal pastikan Anda segera melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwenang yaitu polisi. Peristiwa lain misalnya ketinggalan pesawat, mintalah surat keterangan dari pihak maskapai penerbangan yang bersangkutan untuk mempermudah proses pengajuan untuk pencairan klaim ke asuransi.

Note :
Semua persyaratan dan dokumen-dokumen harus siapkan dan sebaiknya Anda memilih perusahaan yang dapat mendampingi Anda setiap saat dalam proses pengajuan klaim.

Tipe dan Plan produk  Produk asuransi Perjalanan
Pada saat kita melakukan perjalanan, perjalanan bisnis ataupun liburan bersama keluarga,  baik dalam ataupun luar negeri, saat ini belum banyak orang yang  sadar serta  menganggap membeli produk produk asuransi perjalanan itu penting. Padahal dengan memiliki produk produk asuransi perjalanan Anda dapat melindungi berbagai risiko perjalanan yang bisa saja terjadi.

Banyak dari mereka beralasan pada umumnya tidak mau memiliki produk asuransi perjalanan harus menyediakan biaya ekstra yang harus dikeluarkan. Anggapannya, harga produk asuransi perjalanan mahal dan akan memengaruhi keuangan yang dimiliki untuk menghemat biaya perjalanan.  Pada dasarnya banyak sekali manfaat dan fungsi yang dimilikinya, produk produk asuransi perjalanan yang di beli ini dapat melindungi Anda dari berbagai risiko yang kemungkinan terjadi.

Info :
Beberapa negara maju dan berkembang telah menjadikan produk asuransi perjalanan sebagai salah satu syarat untuk mengajukan visa ke negaranya, karena alasan begitu penting produk asuransi perjalanan ini dengan memiliki produk asuransi perjalanan ke luar negeri yang dapat klaim dengan jumlah minimal tertentu. Contoh apabila kalian ingin berlibur  atau perjalanan bisnis  ke negara-negara yang memiliki Visa Schengen, yaitu visa yang dimiliki untuk beberapa negara Eropa seperti Norwegia, Belanda, Jerman, Spanyol, Portugis, dan lainnya.
 

Dengan demikian, beberapa perusahaan produk asuransi banyak menghadirkan  paket khusus berdasarkan negara yang menjadi tujuan. Seperti paket produk asuransi perjalanan domestik untuk perjalalanan dalam negeri, paket ASEAN saat melakukan perjalanan ke negara-negara Asia Tenggara, paket Asia untuk perjalanan ke negara-negara Asia, paket Eropa untuk Produk asuransi Perjalanan ke Eropa, dan paket worldwide untuk perjalanan ke seluruh dunia.

Banyak penyedia produk asuransi yang akhirnya membuka program produk asuransi yang menyediakan berbagai paket produk asuransi perjalanan sesuai dengan perjalanan yang akan dilakukan. Misalnya Anda ingin melakukan perjalanan ke Jepang, maka akan tersedia produk asuransi perjalanan ke Jepang, atau Anda ingin melakukan perjalalanan ke Jerman; maka ada produk asuransi perjalanan ke Jerman. Setiap paket memiliki kelebihan dan berbagai perencanaan yang bisa dipilih.

Pada umumnya, ada dua paket yang biasanya ditawarkan. Pilihan ke satu adalah program Single Trip yang dapat memberikan jamnan untuk satu kali perjalanan yang Anda lakukan. Ada pula produk tahunan, yaitu program produk asuransi yang dapat menanggung atau menjamin setiap perjalanan Anda maksimum 90 (sembilan puluh) hari/perjalanan. Premi produk asuransi perjalanan yang diberlakukan, tergantung akan paket yang diambil.

Jadi, bila Anda berencana melakukan perjalanan ke luar negeri lebih dari satu kali dalam 12 bulan ke depan, maka sebaiknya Anda memilih produk asuransi perjalanan tahunan karena preminya bisa lebih murah jadi akan lebih memudahkan dan menguntungkan Anda.

Manfaat Produk asuransi Perjalanan
Nantinya, Anda bisa rasakan sendiri berbagai manfaat dan keuntungan saat memiliki produk asuransi perjalanan yang melindungi setiap perjalanan Anda. Terutama ketenangan dan kenyamanan Anda saat melakukan perjalanan dan perlindungan atas segala risiko yang kemungkinan terjadi selama perjalanan.
Fasilitas dari pertanggungan produk asuransi atas biaya kerugian yang disebabkan keterlambatan perjalanan, pertanggungan evakuasi medis darurat dan repatriasi, jaminan selama Anda berada di rumah sakit atau karantina, hingga perlindungan atas isi rumah selama Anda ditinggalkan. Bahkan, sebagian besar penyedia produk asuransi perjalanan menyediakan satu nomor fasilitas call center 24 jam untuk segala kebutuhan perlindungan produk asuransi yang Anda miliki.

Demi kenyamanan bagi nasabah atau anggota dari calon pelanggan semakin mudah, ada banyak varian produk asuransi perjalanan. Tentu saja, beragam manfaat dan perlindungan yang ditawarkan juga dipengaruhi oleh premi yang dibayarkan. 

Berikut ini adalah berbagai fasilitas dan manfaat dari produk asuransi perjalanan adalah :
Kecelakaan & Pengobatan Darurat. 
Dengan menjadi anggota produk asuransi perjalanan, Anda akan dapat klaim atas santunan untuk kematian, kehilangan anggota badan, atau kelumpuhan total akibat kecelakaan yang terjadi selama perjalanan.
Pembatalan & Penundaan Perjalanan. 
Produk asuransi perjalanan memberi perlindungan terhadap beberapa kasus seperti penundaan perjalanan oleh maskapai, sampai dengan pembatalan perjalanan karena Anda atau anggota keluarga yang melakukan perjalanan sakit atau meninggal.
Bagasi dan Barang Bawaan. 
Aduh kejadian ini pasti tak menyenangkan. Produk asuransi perjalanan dapat menanggung kerugian yang ditimbulkan akibat kehilangan dan kerusakan bagasi atau barang yang Anda bawa selama perjalanan ataupun setelah perjalanan kembali pulang. Beberapa produk produk asuransi perjalanan bahkan memberi ganti rugi jika ada keterlambatan bagasi lebih dari 12 jam.
Penutupan Ganda. 
Produk asuransi perjalanan juga memberikan santunan untuk kecelakaan pribadi akan digandakan jika kecelakaan terjadi pada saat berada di dalam pesawat terbang komersil terjadwal.
Pemulangan Jenazah. 
Produk asuransi perjalanan juga memberikan pelayanan dalam hal pemulangan jenazah. Produk yang menanggung soal ini biasanya menawarkan dua alternatif: Biaya pemulangan jenazah atau biaya kremasi atau penguburan di lokasi tempat kematian terjadi.
Manfaat Perawatan Anak dan Kunjungan Duka. 
Keuntungan yang didapat dari produk asuransi perjalanan  salah satunya adalah diberikan pada satu orang kerabat atau keluarga, yang diperlukan untuk tinggal bersama atau melakukan perjalanan bersama Anda selama dirawat di luar negeri.
Evakuasi Medis. 
Beberapa produk produk asuransi perjalanan menawarkan fasilitas bantuan 24 jam keadaan darurat di seluruh dunia.
Terkait Perjalanan. 
Umumnya, produk asuransi perjalanan juga menawarkan perlindungan terhadap beberapa kasus seperti penundaan perjalanan (biasanya keterlambatan transportasi lebih dari 12 jam), penggantian uang muka yang hangus akibat hal-hal yang terjadi di luar kekuasaan pemegang polis, hingga biaya akomodasi, makanan dan minuman yang timbul akibat penerbangan yang tidak sinambung.
Perlindungan Rumah. 
Manfaat dari produk asuransi perjalanan ini dapat untuk mengklaim atas kerusakan akibat kebakaran atas isi rumah tertanggung yang ditinggal kosong karena perjalanan yang dilakukan. 

Kembali lagi, tentunya apa yang ditawarkan oleh perusahaan produk asuransi yang satu dengan lainnya bisa sangat berbeda. Intinya, Anda harus aktif bertanya sebanyak-banyaknya dan sejelas-jelasnya sebelum membeli produk produk asuransi perjalanan. Silahkan mengambil permbandingan serta menyimpulkan mana saja produk produk asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda.

Belanja Produk asuransi Perjalanan Tanpa Ribet
Sejak dalam perencanaan liburan, terutama ke tempat-tempat destinasi yang jauh tentunya Anda membutuhkan banyak persiapan. Akan sangat merepotkan memang bila ada satu hal kecil saja yang begitu Anda sampai di lokasi ternyata hal tersebut tak terbawa oleh Anda dan keluarga selama bepergian.

Ini sama berarti dengan produk asuransi perjalanan, satu hal yang amat sangat penting yang harus Anda bawa saat berpergian. Banyak tersedia Aplikasi produk asuransi yang tersedia. Untuk mempermudah proses belanja produk asuransi perjalanan yang ingin Anda inginkan. Anda bisa langsung melakukannya sendiri tinggal bandinkan, pilih, dan bayar. Semua informasi produk produk asuransi perjalanan yang tersedia disajikan secara detail dan terbuka untuk Anda.

Yang perlu dilakukan jika adan berhadapan  pada program atau aplikasi produk asuransi adalah 
  1. Bandingkan berbagai pilihan produk asuransi terbaik.
  2. Pilih yang Anda mau.
  3. Bayar.
  4. Polis dikirim e-mail.
  5. Enjoy your trip!
  6. Beli Langsung dan Dibantu Penanganan Klaim
Semoga Pembahasan tentang Asuransi Perjalan di atas dapat menjadi informasi tambahan sebelum Anda memilih Produk Asuransi.