Cara Terhindar dari Kasus Penipuan Asuransi
Permasalahan yang menyangkut kesehatan bukanlah hal yang bias
dianggap sepele, karena banyak terjadi masalah yang tidak kita perhitungkan
secara tiba-tiba menghampiri dan kita tidak siap untuk menjalaninya. Oleh karena
itu kita harus selalu bijaksana dalam menghadapi kondisi tersebut.
Langkah-langkah yang bisa kita ambil untuk menghadapi
masalah tersebut dengan menggunakan asuransi kesehatan. Namun, kita wajib
waspada dan berhati-hati dalam berasuransi. Banyaknya perusahaan asuransi yang
hadir ditengah-tengah masyarakat baik yang muncul secara online maupun offline
yang menawarkan berbagai perlindungan baik yang masuk akal maupun penawaran
yang tidak masuk akal atau biasa disebut dengan asuransi bodong.
Cara Terhindar dari Kasus Penipuan Asuransi |
Oleh karena itu kita harus berfikir secara logis tentang apa
yang kita keluarkan dan berapa jumlah yang kita terima paling tidak seimbang
tidak berlebihan. Perilaku yang harus kita hindari agar tidak mudah termakan
oleh rayuan asuransi bodong yang akan
membuat kita mendapatkan masalah.
Berikut ini merupakan tips yang harus dipahami ketika hendak
membeli sebuah asuransi :
Mengenal Kebutuhan Asuransi
Langkah Pertama dalam menentukan asuransi yang akan dipilih adalah
dengan mengenali terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan untuk diasuransikan.
Perihal semacam ini dapat kita dapatkan informasi lengkapnya melalui pelayanan
setiap perusahaan asuransi kesehatan dari rekam jejak medis, perlindungan dan
layanan yang dibutuhkan saat ini dan juga kebutuhan yang akan datang.
Apabila sudah memahami dan mengetahui apa kebutuhan asuransi
yang anda butuhkan, maka akan lebih mudah saat memilih produk asuransi dari
perusahaan asuransi. Mungking sebagai bahan pertimbagan sebelum membeli produk
asuransi adalah dengan menanyakan kepada saudara atau kerabat yang sudah
menjadi member sebuah perusahaan asuransi.
Membandingkan Produk Asuransi
Setiap perusahaan asuransi tentunya memiliki asuransi yang
berbeda-beda. Pada umumnya, masing-masing perusahaan asuransi memiliki
keunggulan yang tentu akan memberikan keuntungan dan kekurangan yang justru
membuat rugi.
Namun, sebaik apapun produk asuransi tersebut, kembali lagi
ke poin pertama yaitu dengan menyesuaikan kebutuhan. Lakukanlah pertimbangan
dengan membandingkan setiap produk asuransi. Konsultasi kepada saudara atau
rekan juga yang paham menyoal asuransi juga perlu dilakukan.
Mencari Informasi Rekam Jejak Perusahaan
Mencari sebuah informasi perusahaan asurasi melalui website
atau media social merupakan salah satu langkah tepat, karena media social merupakan
langkah yang paling banyak digunakan perusahaan asuransi untuk beriklan. Dengan
mengetahui riwayat perusahaan penyedia asuransi kesehatan secara keseluruhan
sangatlah penting. Langkah ini akan mempermudah kita ketika hendak menentukan
produk asuransi yang akan digunakan untuk kedepannya. Dapatkan informasi baik buruk perusahaan melalui orang
yang pernah atau masih menjadi klien atau melalui media seperti website dan
sosial media setiap perusahaan asuransi.
Lihatlah secara teliti mulai dari usia perusahaan, pelayanan
yang diberikan seperti tenaga ahli, laporan keuangan seperti kondisi keuangan
sehat, Risk Based Capital atau suatu perhitungan yang dijadikan tolak ukur pada
kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya.
Tidak hanya itu kita harus mengecek retensi di masing-masing
perusahaan asuransi. Bila perusahaan sudah melakukan reasuransi, artinya
perusahaan tersebut sudah tidak kuat berjalan lagi.
Memahami tentang Sistem Klaim Asuransi
Pada umumnya terdaat 3 jenis sistem pembayaran klaim
asuransi kesehatan yang ditawarkan, yaitu:
Cashless : sistem membayar biaya perawatan baik rawat inap
maupun rawat jalan hanya dengan menunjukkan kartu asuransi kesehatan kepada
pihak rumah sakit.
Reimbursement: sistem membayar perawatan dengan menanggung
biaya medis dari uang pribadi dahulu, kemudian biaya yang sudah dikeluarkan di
tagih ke perusahaan dengan melampirkan kuitansi pembayaran.
Santunan: sistem pembayaran ini akan dilakukan oleh
perusahaan asuransi dengan santunan harian selama klien dirawat di rumah sakit.
Biasanya, besar santunan ini telah disepakati dalam polis Anda dengan
perusahaan asuransi
Mengetahui Mitra dari perusahaan
Sebelum memutuskan perusahaan penyedia asuransi kesehatan
yang akan dipilih, jangan mengabaikan untuk mencari tahu rumah sakit mana saja
yang menerima klaim perusahaan asuransi tersebut. Sebaiknya, memilih perusahaan
asuransi yang bermitra dengan rumah sakit di dalam negeri maupun luar negeri
yang punya kredibilitas baik.