Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Terhindar dari Kasus Penipuan Asuransi


Permasalahan yang menyangkut kesehatan bukanlah hal yang bias dianggap sepele, karena banyak terjadi masalah yang tidak kita perhitungkan secara tiba-tiba menghampiri dan kita tidak siap untuk menjalaninya. Oleh karena itu kita harus selalu bijaksana dalam menghadapi kondisi tersebut. 

Langkah-langkah yang bisa kita ambil untuk menghadapi masalah tersebut dengan menggunakan asuransi kesehatan. Namun, kita wajib waspada dan berhati-hati dalam berasuransi. Banyaknya perusahaan asuransi yang hadir ditengah-tengah masyarakat baik yang muncul secara online maupun offline yang menawarkan berbagai perlindungan baik yang masuk akal maupun penawaran yang tidak masuk akal atau biasa disebut dengan asuransi bodong.
Cara Terhindar dari Kasus Penipuan Asuransi
Cara Terhindar dari Kasus Penipuan Asuransi

Oleh karena itu kita harus berfikir secara logis tentang apa yang kita keluarkan dan berapa jumlah yang kita terima paling tidak seimbang tidak berlebihan. Perilaku yang harus kita hindari agar tidak mudah termakan oleh rayuan asuransi bodong  yang akan membuat kita mendapatkan masalah.

Berikut ini merupakan tips yang harus dipahami ketika hendak membeli sebuah asuransi :
Mengenal Kebutuhan Asuransi
Langkah Pertama dalam menentukan asuransi yang akan dipilih adalah dengan mengenali terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan untuk diasuransikan. Perihal semacam ini dapat kita dapatkan informasi lengkapnya melalui pelayanan setiap perusahaan asuransi kesehatan dari rekam jejak medis, perlindungan dan layanan yang dibutuhkan saat ini dan juga kebutuhan yang akan datang.

Apabila sudah memahami dan mengetahui apa kebutuhan asuransi yang anda butuhkan, maka akan lebih mudah saat memilih produk asuransi dari perusahaan asuransi. Mungking sebagai bahan pertimbagan sebelum membeli produk asuransi adalah dengan menanyakan kepada saudara atau kerabat yang sudah menjadi member sebuah perusahaan asuransi.
Membandingkan Produk Asuransi
Setiap perusahaan asuransi tentunya memiliki asuransi yang berbeda-beda. Pada umumnya, masing-masing perusahaan asuransi memiliki keunggulan yang tentu akan memberikan keuntungan dan kekurangan yang justru membuat rugi.

Namun, sebaik apapun produk asuransi tersebut, kembali lagi ke poin pertama yaitu dengan menyesuaikan kebutuhan. Lakukanlah pertimbangan dengan membandingkan setiap produk asuransi. Konsultasi kepada saudara atau rekan juga yang paham menyoal asuransi juga perlu dilakukan.

Mencari Informasi Rekam Jejak Perusahaan
Mencari sebuah  informasi perusahaan asurasi melalui website atau media social merupakan salah satu langkah tepat, karena media social merupakan langkah yang paling banyak digunakan perusahaan asuransi untuk beriklan. Dengan mengetahui riwayat perusahaan penyedia asuransi kesehatan secara keseluruhan sangatlah penting. Langkah ini akan mempermudah kita ketika hendak menentukan produk asuransi yang akan digunakan untuk kedepannya. Dapatkan  informasi baik buruk perusahaan melalui orang yang pernah atau masih menjadi klien atau melalui media seperti website dan sosial media setiap perusahaan asuransi.

Lihatlah secara teliti mulai dari usia perusahaan, pelayanan yang diberikan seperti tenaga ahli, laporan keuangan seperti kondisi keuangan sehat, Risk Based Capital atau suatu perhitungan yang dijadikan tolak ukur pada kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya.

Tidak hanya itu kita harus mengecek retensi di masing-masing perusahaan asuransi. Bila perusahaan sudah melakukan reasuransi, artinya perusahaan tersebut sudah tidak kuat berjalan lagi.

Memahami tentang Sistem Klaim Asuransi
Pada umumnya terdaat 3 jenis sistem pembayaran klaim asuransi kesehatan yang ditawarkan, yaitu:
Cashless : sistem membayar biaya perawatan baik rawat inap maupun rawat jalan hanya dengan menunjukkan kartu asuransi kesehatan kepada pihak rumah sakit.
Reimbursement: sistem membayar perawatan dengan menanggung biaya medis dari uang pribadi dahulu, kemudian biaya yang sudah dikeluarkan di tagih ke perusahaan dengan melampirkan kuitansi pembayaran.
Santunan: sistem pembayaran ini akan dilakukan oleh perusahaan asuransi dengan santunan harian selama klien dirawat di rumah sakit. Biasanya, besar santunan ini telah disepakati dalam polis Anda dengan perusahaan asuransi
Mengetahui Mitra dari perusahaan
Sebelum memutuskan perusahaan penyedia asuransi kesehatan yang akan dipilih, jangan mengabaikan untuk mencari tahu rumah sakit mana saja yang menerima klaim perusahaan asuransi tersebut. Sebaiknya, memilih perusahaan asuransi yang bermitra dengan rumah sakit di dalam negeri maupun luar negeri yang punya kredibilitas baik.